Kamis, 28 Februari 2013

Definisi dan dasar Perencanaan pondasi


Definisi dan Prinsip Perencanaan Pondasi
a.       Definisi dan Pengertian Pondasi
Struktur pondasi didefinisikan sebagai bagian dari struktur yang berhubungan lansung dengan tanah yang berfungsi memindahkan beban-beban dari struktur ke tanah. Pondasi ialah bagian dari suatu sistem rekayasa yang meneruskan beban yang ditopang oleh pondasi dan beratnya sendiri kepada dan kedalam tanah dan batuan yang letaknya dibawahnya.
Istilah struktur atas umumnya dipakai untuk menjelaskan bagian sistem yang direkayasa yang membawa beban kepada struktur bawah.
b.      Prinsip Perencanaan Pondasi
Pemecahan-pemecahan untuk persoalan-persoalan perencanaan pondasi pada umumnya menggunakan prinsip-prinsip mekanika tanah dan mekanika teknik. Seorang perencana harus memikirkan bagian-bagian konstruksi yang mempengaruhi pemindahan beban dari bangunan atas ke tanah sehingga stabilitas tanah yang dihasilkan dan deformasi yang diperkirakan masih dapat ditolerir.
Hal-hal yang harus diperhatikan bagi seorang perencana :
1.         Integrasi visual dari bukti geologis dilapangan dengan suatu data pengujian lapangan dan pengujian lab.
2.         Menetapkan penyelidikan lapangan dan program penyelidikan laboratorium yang memadai.
3.         Merencanakan elemen-elemen bangunan bawah agar dapat dibangun dan seekonomis mungkin.
4.         Pengetahuan akan metode pelaksanaan praktis dan toleransi konstruksi yang kemungkinan besar akan didapatkan penetapan toleransi yang sangat ketat dapat mempunyai pengaruh yang sangat besar pada biaya pondasi.

2 komentar: